Web Hosting Vs. Domain Registration A Simplified Analogy

Gambar Matahari Terbit di Balik BukitLayanan Web Hosting Anda Tahu?

Facebook mengucurkan US $ 8,5 juta untuk mengakuisisi nama domain fb dari The American Farm Bureau.

Jadi, Anda telah memutuskan untuk mendapatkan situs web Anda sendiri untuk meningkatkan bisnis Anda, atau untuk menampilkan karya berkualitas Anda. Dan sekarang, Anda telah menemukan istilah yang tidak biasa ini – ‘web hosting’ dan ‘registrasi domain’. Nah, jangan bingung. Untuk saat ini, Anda hanya perlu memahami bahwa web hosting dan nama domain murah indonesia (yang akan segera Anda daftarkan) saling melengkapi satu sama lain. Anda memerlukan keduanya untuk membawa situs web Anda online.

Apa sebenarnya web hosting itu?

Dengan kata sederhana, web hosting adalah entitas yang menghosting situs web, seperti buzzle.com kami sendiri, atau layanan web seperti facebook, pinterest, twitter, dll. Sebuah situs web terdiri dari sumber daya seperti konten multimedia, CSS dan Java. Skrip, arsip terkompresi, file .php dan .html, database, dll. Sumber daya ini harus tinggal di suatu tempat di Internet, dapat diakses oleh siapa saja yang menggunakan protokol web tertentu.

Mengapa Anda tidak dapat menggunakan penyimpanan awan gratis untuk membangun situs web?

Anda tidak dapat mengunggah sumber daya yang diperlukan untuk membuat situs web untuk membebaskan layanan penyimpanan awan seperti Dropbox, atau Google Drive, OneDrive, dll., Dan kemudian menggunakannya sebagai blok bangunan untuk situs web Anda. Web hosting jauh lebih dari sekedar penyimpanan online. Ini menggunakan banyak protokol Internet seperti HTTP, FTP, POP, IMAP, dll., Dan juga memiliki CPU yang kuat untuk memproses permintaan sumber daya yang dibuat oleh pengunjung ke situs web.

Mengapa Anda perlu mendaftarkan domain?

Secara teknis, Anda dapat membangun dan mengambil situs web Anda secara online bahkan tanpa membeli nama domain. Ini bertentangan dengan apa yang saya sebutkan di awal artikel, tapi izinkan saya menjelaskannya terlebih dahulu. Perusahaan web hosting Anda akan memberi Anda alamat IP (misalnya, 209.18.117.5) untuk mengakses situs web Anda. Dengan alamat ini, Anda dan perayap web dapat mengakses situs web Anda, namun bagaimana dengan orang lain? Kita manusia tidak begitu pandai mengingat angka. Bandingkan jumlah nomor ponsel yang Anda ingat dengan jumlah situs web yang Anda kunjungi setiap hari (Facebook, Google, Buzzle, Twitter, dan Gmail disertakan). Untuk sebagian besar kasus, nomor terakhir akan membayangi yang pertama. Dan, inilah mengapa Anda harus menutupi alamat IP situs Anda dengan nama domain. Itu sebabnya anda harus mendaftarkan nama domain yang sesuai untuk website anda.

Nama yang mudah diingat dan relevan akan meningkatkan kemungkinan diingat oleh audiens Anda. Nama domain bisa jadi milik Anda hanya dalam beberapa tahun. Tentu saja, Anda bisa memperbaharuinya selama yang Anda mau, tapi Anda tidak dapat membayarnya selama 100 tahun berikutnya. Nama domainnya unik. Tidak ada dua situs di Internet yang bisa memiliki nama domain yang sama. Selain itu, tip cepat adalah selalu mendaftarkan nama domain yang sesuai dengan topik situs Anda.

Jika masih ada keraguan terkait registrasi nama domain dan web hosting murah, maka tolong jangan didengar di komentar. Komunitas ahli kami dengan senang hati akan membantu Anda.