Tanda dan gejala penyakit ginjal

Sebagian besar perawatan kesehatan berpusat pada penyakit dan pengobatan sistem jantung dan vaskular, namun ginjal sama pentingnya dengan kesehatan seseorang seperti jantung atau paru-paru. sakit buah pinggang

Sebagai nephrologist, adalah tugas saya untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi yang mempengaruhi ginjal.

Penawar Sakit Buah Pinggang

Setiap orang dilahirkan dengan dua ginjal, terletak di kedua sisi tulang belakang pada tingkat terendah tulang rusuk. Ginjal adalah pabrik ampuh yang membuang produk limbah dari tubuh, menyeimbangkan cairan tubuh dan melepaskan hormon untuk mengendalikan tekanan darah dan produksi sel darah merah. Produk limbah dan kelebihan cairan dikeluarkan melalui urine.

Penyakit ginjal adalah masalah yang umum, terutama di kalangan penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Bila seseorang menderita penyakit ginjal, ginjal gagal membuang limbah atau menyeimbangkan cairan tubuh secara efektif. Penumpukan limbah dan cairan berlebih dapat menyebabkan beberapa gejala yang dapat dirasakan seseorang, dan yang lainnya mungkin tidak. Gejala pertama adalah gejala yang hanya muncul dalam tes yang diperintahkan oleh dokter. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk diuji secara rutin terhadap penyakit ginjal jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau jenis penyakit ginjal yang diwariskan.

Ketika penyakit ginjal menjadi lebih maju, pasien mungkin mengalami beberapa gejala berikut: perubahan kencing (membuat urin lebih sedikit, urin berbusa atau busuk, perubahan warna urin); Pembengkakan kaki, pergelangan kaki atau tangan; Kelelahan atau kelemahan; sesak napas; Gatal; Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah; Dan lebih banyak episode hipoglikemik jika penderita diabetes. Orang yang memiliki gejala ini harus berbicara dengan dokter tentang masalah tersebut.

Jika seseorang didiagnosis menderita penyakit ginjal, ada beberapa hal yang dapat mereka lakukan agar ginjal mereka tidak bertambah parah:

>> Mengambil tekanan darah dan obat-obatan lainnya setiap hari.

>> Menjaga kadar gula darah dalam rentang yang sehat, jika diabetes.

>> Mengikuti diet ramah ginjal jika direkomendasikan oleh dokter.

>> Menghindari obat-obatan yang dikenal sebagai “obat anti-inflamasi nonsteroid,” atau NSAID. Obat-obatan ini termasuk ibuprofen (contoh nama merek: Advil, Motrin) dan naproxen (contoh nama merek: Aleve).

Pada tahap awal, penyakit ginjal bisa diam. Oleh karena itu sangat penting untuk menemui dokter secara teratur dan melakukan tes darah dan urine untuk mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal jika seseorang berisiko. Sesegera mungkin, orang-orang yang mengalami tanda peringatan harus menemui dokter pribadi mereka, yang mungkin menyarankan mereka melihat nephrologist.