Perbedaan Musik Dangdut Dulu dan Sekarang

Perbedaan Musik Dangdut

Musik dangdut merupakan salah satu jenis musik yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini tidaklah mengherankan karena musik dangdut dapat dibilang musik yang lahir dan tumbuh besar di Indonesia, meskipun sebenarnya akar dari musik dangdut itu sendiri berasal dari musik melayu.

Perbedaan Musik Dangdut

Walaupun dasar musik dangdut merupakan musik melayu namun musik yang satu ini memiliki sifat yang sangat terbuka. Sifat terbuka ini mengakibatkan musik dangdut sangat mudah menerima pengaruh dari musik jenis lainnya. India, Arab dan Cina merupakan beberapa jenis musik dari manca negara yang mempengaruhi warna musik dangdut. Sedangkan dari dalam negeri, musik dangdut dipengaruhi oleh musik tradisional yang merupakan musik asli negeri kita seperti gambang, musik pantura ataupun musik jawa timuran.

Karena sifatnya yang sangat terbuka, terdapat beberapa perubahan dan perbedaan yang dimiliki oleh musik dangdut masa dulu saat pertama kali populer dengan saat modern sekarang. Berikut adalah beberapa perbedaan yang terlihat dengan jelas.

Jenis musik merupakan salah satu hal yang sangat menonjol perbedaannya antara jaman dahulu dengan jaman sekarang. Dahulu musik dangdut lebih dipengaruhi oleh musik India dan Arab, sehingga nada yang dihasilkan adalah nada-nada teratur dengan beat dan tempo sedang bahkan cenderung mendayu-dayu. Namun saat ini, musik dangdut lebih dipengaruhi oleh musik aliran barat seperti disko dan reggae. Selain dari itu musik dangdut jaman sekarang juga turut dipengaruhi oleh musik tradisional seperti koplo. Semua pengaruh tersebut membuat nada dan beat untuk musik dangdut menjadi cenderung cepat dan menghentak-hentak penuh energi.

Selain dari itu perbedaan musik dangdut yang terlihat adalah pengakuan dan status dari masyarakat. Seperti kita ketahui, pada awal kemunculannya, musik dangdut dianggap sebagai musik kampungan untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Namun kini musik dangdut telah disejajarkan dengan aliran musik yang lain dan telah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat dari kalangan menengah hingga sekelas pejabat pemerintah.

Lirik lagu dangdut pun mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Jika pada jaman dahulu terutama pada saat dipopulerkan oleh orkes Soneta, lirik dangdut lebih indah bahkan mirip seperti syair yang penuh makna. Bahkan pada saat itu lirik dangdut dijadikan sebagai alat untuk berdakwah dan menyampaikan pesan sosial hingga kritik politik. Namun saat ini, lirik lagu terbaru di ranah dangdut lebih mengedepankan humor dan jenaka yang dipelesetkan sehingga miskin akan makna dan pesan yang dapat dipetik oleh masyarakat.

Musisi dan artis dangdut pun mengalami pergeseran citra. Dimana pada jaman dahulu artis dangdut dianggap biduan kampungan dan disepelekan. Namun saat ini menjadi seorang artis dangdut merupakan dambaan bagi siapa saja yang mendambakan ketenaran.

Itulah beberapa nilai dan kesan yang berubah mengenai musik dangdut di jaman dahulu bila dibandingkan dengan sekarang.