Penyebab Amandel dan Cara Mengobatinya

Penyebab Amandel dan Cara Mengobatinya  Penyakit amandel adalah penyakit umum yang sudah sering terjadi pada setiap orang. Namun, menurut sebuah survey kesehatan, penyakit ini lebih banyak dan lebih sering dialami oleh anak-anak. Tetapi, meskipun begitu orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini.

Bagi penderita amandel, ada beberapa hal yang mesti mereka hindari. Salah satunya adalah makanan berminyak pantangan amandel. Siapa sih yang tidak suka makanan berminyak ? Tentu semua orang menyukainya, misalnya gorengan, ayam goreng, bebek goreng, dan lainnya.

Penyebab Amandel dan Cara Mengobatinyavia kiwkiwherbal.com

Sebelum kita mengenal makanan berminyak pantangan amandel, ada baiknya bila kita mengenal apa itu amandel dan penyebab terjadinya terlebih dahulu.

Dalam ilmu kesehatan, penyakit amandel biasanya dikenal dengan istilah tonsil. Penyakit ini adalah penyakit yang membentuk sebuah lapisan yang terletak pada sisi belakang bagian kerongkongan.

Sebenarnya amandel adalah bagian dari daya tahan tubuh manusia yang berfungsi untuk menjebak bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut. Amandel akan bereaksi menghadapi berbagai benda asing tersebut sebelum benda asing itu menyebabkan infeksi.

Namun, karena terlalu sering terjadi infeksi, maka amandel itu tidak mampu lagi menghadapi serangan bakteri dan virus tersebut, sehingga amandel akan menyerang dirinya sendiri dan inilah yang disebut sebagai radang amandel.

Mari kita bahas makanan berminyak pantangan amandel lebih jelas lagi dalam uraian yang berikut ini.

  1. Makanan berminyak dan amandel

Pada saat terjadi randang amandel, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berminyak dan makanan laut seperti ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar. Mengonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan, kerupuk dan minuman dingin juga dapat memperparah kondisi amandel.

Amandel merupakan salah satu penyakit yang merepotkan, karena hanya bisa disembuhkan dengan melakukan operasi. Operasi untuk penyakit ini memakan biaya yang sangat besar, sehingga kebanyakan orang tidak melakukan operasi ini, namun mengontrol peradangan amandel saja.

Untuk mengatasi dampak pada saat terjadi peradangan amandel, sebaiknya anda memperbanyak istirahat dan minum air putih yang banyak. Anda juga bisa mengonsumsi obat pengurang rasa sakit yang banyak dijual secara bebas di toko obat atau apotik.

2. Gejala radang amandel

Pada saat anda merasakan rasa sakit pada bagian kerongkongan anda, maka itu adalah salah satu indikasi bahwa akan terjadi peradangan amandel. Selain itu, gejala lain yang biasanya timbul adalah amandel itu sendiri akan mengalami pembengkakan.

Adapun gejala lain dari peradangan amandel, misalnya terjadi pembengkakan pada kelenjar leher, apabila anda melihat melalui cermin, maka amandel akan berubah menjadi merah. Pada beberapa kasus akan terjadi demam dan sulit menelan makanan.

Apabila penderita amandel sedang terserang radang amandel, sebenarnya hal ini bisa menular ke orang lain, melalui batuk dan bersin. Oleh karena itu, sebaiknya anda membiasakan cuci tangan untuk menghindari penularan amandel.

Selain itu, perlu anda perhatikan juga apabila salah seorang anggota keluarga anda terserang radang amandel, sebaiknya anda jangan minum dengan gelas yang sama, alat makan, atau sikat gigi yang sama dengan penderita.

Semua itu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari tertularnya penyakit amandel. Amandel ini merupakan salah satu penyakit yang merepotkan dan penderitanya harus pandai-pandai mengontrol makanan yang masuk agar tidak terjadi peradangan amandel.

Memang peradangan amandel akan terjadi pada suatu waktu, namun apabila peradangan amandel terjadi pada frekuensi yang cukup sering, hal ini berarti bahwa amandel sudah berada dalam tahap yang parah.

3. Pengobatan tradisional amandel

Selain dengan melakukan operasi, anda juga bisa mencoba pengobatan tradisional penyembuhan amandel yang dilakukan dengan cara :

  • Pertama-tama sediakan 3 sendok makan air perasan mengkudu, 1 sendok teh perasan jeruk nipis dan perasan kunyit, satu sendok makan madu, dan 3 sendok makan air makan.
  • Setelah itu, aduklah semua bahan itu menjadi satu dan sampai merata.
  • Kemudian ambil 2 sendok makan dari campurang tersebut dan campur dengan setengah gelas air matang dan aduk kembali.
  • Konsumsilah sebanyak 3 kali sehari sesudah makan.

Inilah sekilas mengenai makanan berminyak pantangan amandel