Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

teks tanggapan kritis

Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Tanggapan Kritis –
Dalam pelajaran bahasa indonesia terdapat beberapa jenis teks. Salah satu jenis teks tersebut adalah teks tanggapan kritis. Mungin anda sudah mempelajari mengenai teks tanggapan kritis ini. Dalam teks ini terdapat aspek aspek yang terkandung didalamnya seperti pengertian, struktur, ciri ciri, dan kaidah kebahasaan. Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian teks tanggapan kritis, struktur teks tanggapan kritis, ciri ciri teks tanggapan kritis, dan kaidah teks tanggapan kritis. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Teks tanggapan kritis memiliki pengertian yaitu sebuah teks yang berisi kritikan pedas mengenai suatu kesalahan yang dibuat oleh seseorang. Teks tanggapan kritis pada umumnya terdapat saat terjadi debat beberapa orang yang menurutnya tidak pas saat meluapkan pendapatnya. Hal tersebut juga dapat disebut mengkaji sebuah pendapat. Apabila terdapat tanggapan kritis dari seseorang yang bersifat membangun maka harus diterima dengan senang hati. Semua kritikan yang masuk merupakan suatu hal yang bersifat membuat anda lebih baik lagi.
Dalam teks tanggapan kritis tersebut juga memiliki ciri ciri yang terkandung didalamnya.

teks tanggapan kritis
teks tanggapan kritis

Ciri ciri tersebut bertujuan agar pengertian, ciri ciri, struktur dan contoh teks tanggapan kritis menjadi pembeda dengan jenis teks lain. Adapun ciri ciri teks tanggapan kritis yaitu didalamnya terdapat 3 struktur, dalam teks tanggapan kritis juga memiliki kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan, serta berisi sebuah komentar mengenai sebuah kejadian yang memuat sebuah alasan maupun fakta yang terkait. Dalam teks tanggapan kritis juga terdapat sruktur teksnya.

Struktur teks tanggapan kritis harus diperhatikan dalam pembuatan contoh teksnya. Adapun strukturnya meliputi evaluasi, penegasan ulang maupun deskripsi teks. Evaluasi adalah sebuah teks yang merupakan tahap awal tentang pernyataan menyeluruh mengenai apa yang akan diberikan dalam bentuk teks. Deskripsi teks merupakan isi dari teks tanggapan kritis yag berisi data mengenai pendapat yang mendukung atau sebaliknya. Sedangkan penegasan ulang adalah sebuah akhir dari teks tersebut yang berisi penegasan kembali mengenai hasil keputusan yang dibuat.

Selain diatas ada pula kaidah kebahasaan yang harus ada dalam pembuatan teks tanggapan kritis. Kaidah tersebut yaitu konjungsi, kalimat kompleks, pilihan kata serta kata rujukan. Untuk kalimat kompleks berisikan kata kata yang menganut dua verba serta dua struktur. Konjungsi merupakan sebuah kata yang menghubungkan dua kata atau dua struktur dalam sebuah teks. Kata rujukan berisi sebuah hal yang diberikan oleh penulis untuk mendukung pernyataan yang terdapat dalam teks tersebut. Sedangkan pilihan kata berisi tentang pemilihan kata yang baik untuk mengisi sebuah tanggapan kritis tersebut.

Inilah pengertian, struktur, ciri ciri, dan kaidah teks tanggapan kritis. Semoga artikel ini dapat membantu anda lebih memahami jenis teks ini. Terima kasih.