Museum Budaya Jawa Di Yogyakarta

Museum merupakan tempat atau sarana edukasi dan pembelajaran bagi masyarakat baik bagi anak-anak, remaja dan juga orang dewasa. Yogyakarta sebagai salah satu tempat tumbuh dan berkembangnya budaya Jawa memiliki banyak kisah, sejarah dan juga artifak-artifak yang banyak disimpan di museum-museum yang ada di kawasan ini. Di Yogyakarta terdapat beberapa buah museum yang memiliki koleksi-koleksi yang bernuasakan budaya Jawa. Museum-museum tersebut berisikan benda-benda peninggalan mengenai budaya Jawa dari masa Kerajaan Mataram Kuno atau Hindu hingga sekarang pada masa Republik Indonesia. Beberapa museum yang berisikan koleksi budaya Jawa antara lain: Museum Ullen Sentalu, Museum Sono Budoyo, Museum Wayang, Museum Kerato Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Kunjungi semua museum itu dengan menggunakan paket wisata Jogja murah yang tersedia. Berikut kami jelaskan secara singkat mengenai tempat-tempat tersebut.

Yang pertama adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini merupakan museum yang fokus bertemakan budaya Jawa baik dari jaman Mataram Hindu hingga sekarang. Museum ini terbagi dari beberapa bagian dari mulai yang berisikan arca peninggalan Mataram Kuno, gamelan, koleksi-kolesi dari Kerajaan Mataram yang terbagi menjadi empat kerjaan yaitu Kesultanan Surakarta Hadiningrat, Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat, Pura Paku Alaman, dan juga Pura Mangkunegaran. Koleksi-koleksi tersebut berupa foto pribadi raja dan ratu serta keluarganya, puisi dari putri raja, koleksi batik dengan corak yang berbeda dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

Selanjutnya adalah, museum yang ada di Keraton Yogyakarta. Di kawasan museum terdapat beberapa buah museum yang berisikan koleksi-koleksi pribadi dari Keraton Yogyakarta. Di museum ini wisatawan bisa berkeliling dan menyaksikan benda-benda bersejarah yang berusia puluhan bahkan ada yang lebih dari ratusan tahun. Ada beberapa ruangan yang berisikan benda-benda peninggalan tersebut. Salah satunya adalah museum batik, di museum ini terdapat berbagai koleksi batik khas Yogyakarta yang berbeda motif dan corak dengan Surakarta dan Pekalongan. Terdapat pula museum kerajaan yang berisikan lukisan para raja Yogyakarta dan juga benda-benda peninggalanya berupa kereta kuda dan lain sebagainya.

Demikianlan penjelasan mengenai museum yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berlibur dan juga belajar mengenai budaya Jawa.  Masih banyak lagi museum-museum yang berisikan banda-benda budaya Jawa yang akan kami bahas dilain kesempatan.