Macam-Macam Pekerja Akuntan Yang Harus Anda Pahami

Macam-Macam Pekerja Akuntan Yang Harus Anda Pahami

Setiap perusahaan pastinya sangat membutuhkan pegawai akuntan untuk mengelola transaksi-transaksi perusahaan. Ya, pekerjaan ini begitu dibutuhkan oleh perusahaan, mulai dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar.

Bagi yang memiliki ijazah akuntansi tentu saja tidak perlu bingung, karena begitu banyak lahan pekerjaan yang bisa diambil. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perusahaan membutuhkan seorang pegawai akuntan untuk mengelola semua keuangan dari perusahaan.

Lalu, apa saja pekerjaan akuntan yang ada di Indonesia? Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

Macam-Macam Pekerja Akuntan Yang Harus Anda Pahami
Macam-Macam Pekerja Akuntan Yang Harus Anda Pahami
  1. Financial Analyst
    Tugas seorang financial analyst adalah membaca atau menerjemahkan data atau informasi akuntansi yang digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan demi terciptanya visi dan misi dari perusahaan.

    Gaji yang akan didapatkan dari pekerjaan ini sekitar Rp5.000.000 – Rp10.000.000 per bulannya. Gaji tersebut untuk tahun-tahun pertama, semakin lama ia bekerja maka gajinya akan mengalami kenaikan.

    Untuk mengisi posisi ini, seorang akuntan harus berpendidikan terakhir S1 Akuntansi ataupun S1 Manajemen Keuangan. Selain itu, pegawai tersebut diharuskan memilih program khusus yang spesial untuk financial analis dan juga melakukan pendalaman profesi hingga memperoleh gelar Certified Financial Analyst (CFA).

  2. Accountant
    Profesi ini sah-sah saja untuk Anda yang berpendidikan terakhir S1 Akuntansi, asalkan Anda memiliki keahlian teknis yang cukup mengenai akuntansi.

    Namun, sebagian besar perusahaan yang bonafit lebih memilih pegawai yang lebih berpengalaman yaitu yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari S1.

    Pada umumnya, pegawai akuntan ini melakukan pekerjaan seperti menyusun laporan keuangan dan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan akuntansi lainnya. Untuk tahun-tahun pertama gaji yang akan didapatkan sekitar Rp5.000.000 – Rp10.000.000 per bulan.

  3. Receivable Clerk/Account Payable
    Tugas dari pekerjaan ini adalah menangani semua transaksi yang berhubungan dengan utang piutang, terutama untuk menginput data dan mempersiapkan seluruh bukti transaksi yang berkaitan dengan utang piutang.

    Gajinya memang lebih rendah dari profesi dari sebelum-sebelumnya yaitu berkisar Rp3.000.000 – Rp5.000.000 per bulan. Untuk mengisi posisi ini memang tidak diharuskan lulusan S1, namun sangat direkomendasikan untuk melanjutkan S1.

  4. Auditor
    Auditor merupakan profesi yang sangat digandrungi oleh fresh graduate terutama untuk kaum laki-laki. Auditor ini dibagi menjadi dua macam yaitu auditor internal yang memang dipekerjakan di dalam perusahaan dan auditor eksternal yang hanya menyediakan jasa audit untuk perusahaan-perusahaan.
    Pada prinsipnya, tugas seorang auditor yaitu mengontrol laporan keuangan dari perusahaan tersebut menggunakan standar ilmu akuntansi yang sudah tersedia.

    Untuk auditor internal biasanya akan memperoleh gaji sekitar Rp7.000.000 – Rp10.000.000 per bulannya untuk tahun-tahun pertama, sedangkan auditor eksternal akan memperoleh gaji sekitar Rp5.000.000 – Rp7.000.000 per bulan, fantastis bukan? Gaji tersebut bisa Anda dapatkan pada perusahaan-perusahaan besar dan bonafit.

  5. Credit analis
    Tugasnya adalah mengukur dan menganalisa kemampuan dari orang yang meminjam uang untuk mengembalikan biaya pokok beserta dengan bunganya. Gajinya bisa mencapai Rp5.000.000 – Rp7.000.000 per bulan.

    Tentu semua pekerjaan akuntansi tersebut tidak terlepas dari adanya aplikasi yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu aplikasi yang patut Anda coba adalah aplikasi akuntansi excel. Dimana aplikasi ini menyediakan rumus-rumus yang semakin memudahkan Anda dalam mengerjakan laporan akuntansi dan juga pekerjaan lainnya.

Namun, ternyata masih ada aplikasi selain aplikasi akuntansi excel yang bisa Anda coba yaitu Sleekr Accounting. Aplikasi ini menawarkan kelebihan berupa keamanan data kelas internasional. Dimana data ataupun informasi yang telah diolah tidak dapat hilang meskipun smartphone Anda rusak ataupun CD cardnya hilang, karena data secara otomatis akan tersimpan pada sistem dan dapat diakses kapan pun.

Untuk melihat apa saja kecanggihan dari aplikasi ini, silahkan buka situs Sleekr Accounting. Semua informasi mengenai software akuntansi dapat Anda akses dengan mudah.