Lantai Parket Anti Air Untuk Taman atau Kolam

Lantai parket kayu memang sedang naik daun di Indonesia karena lantai kayu yang bernuansa alami dan mewah akan memberikan suasana rumah anda menjadi indah dan artistik. Bahkan kepopuleran lantai parket kayu mulai menggeser lantai keramik atau marmer karena banyaknya permintaan pemasangan. Selain itu, karena banyaknya pemesanan lantai parket kayu ini, mulai banyak penjual pemasangan lantai parket kayu dengan harga yang bersaing. Akan tetapi, banyak juga pertanyaan dari masyarakat yang menanyakan apakah bisa lantai parket kayu dipasang di daerah taman atau kolam. Karena keberadaan taman atau kolam dalam rumah kita memang bisa memberikan nilai tambah sehingga muncullah pertanyaan ini. Memang tidak semua kayu yang dapat dipasang pada daerah taman atau kolam. Hanya beberapa jenis kayu yang dapat digunakan sebagai lantai parket kayu pada daerah taman atau kolam yaitu kayu ulin, kayu merbau, kayu bengkirai, atau lantai vinyl yang memenuhi syarat sebagai bahan yang cocok digunakan untuk membuat lantai parket anti air.

Dalam pembuatan lantai parket anti air biasanya dipadukan dengan corak batu alam dan marmer untuk mempercantik ruangan. Kayu yang digunakan dalam lantai parket anti air harus tahan dengan sinar matahari langsung dan tahan busuk walaupun terkena air maupun di dalam air. Selain bahan yang tepat, dalam pembuatan lantai parket, harus diberi bantalan kayu dibawah pemasangan lantai dengan jarak antara 30cm – 50cm agar mengurangi pertumbuhan jamur dan permukaan yang licin. Pembuatan bantalan tersebut bertujuan untuk kelancaran sirkulasi air di bawah lantai kayu.

Dalam membuat lantai parket anti air di taman atau kolam kita, kita dapat memilih menggunakan kayu solid seperti kayu ulin, kayu merbau, atau kayu bengkirai yang cenderung lebih mahal tapi kualitasnya terjamin atau menggunakan lantai vinyl bermotif kayu yang cenderung lebih murah. Harga untuk lantai parket kayu dengan kayu solid berkisar antara Rp. 350.000,00 – Rp. 530.000,00. Lebih baik disesuaikan dengan besaran dana yang anda punyai dan jangan terlalu dipaksakan.