Harga Kubah Masjid Dari Grc

Harga Kubah Masjid Dari Grc – Masjid Hisardžik Dengan Mushaf Al-Qur’an Tertua di Balkan. Berdiri ditempat yang tidak umum, Masjid desa Hizardik ini menarik wisatawan mancanegara mulai sejak diketemukannya Mushaf Al-Qur’an tertua di semenanjung Bankan yang tersimpan di masjid ini.

Masjid di tempat tidak umum satu ini hanya satu masjid di satu kampung bernama Hisardžik di dekat kota Prijepolje di lokasi selatan lokasi Sandžak, Republik Serbia. masjid ini pertama kalinya keluar dalam catatan seseorang penjelajah bernama Evlija Celebija, yang disebut seseorang penulis terpenting di masa ke-emasan dinasti Usmaniyah, Kubah Masjid.

Saat ini masjid tua ini ada jadi satu tempat sakral dari waktu dulu untuk muslim setempat. Tempatnya berdiri memanglah tidak umum, sama dengan Kampung tempatnya berdiri, ada pada ketinggian satu bukit di bawah Benteng kuno Mileševac. Benteng serta lokasi sekelilingnya termasuk juga masjid ini sudah jadi cagar Budaya Nasional Serbia.

Hisardžik mosque, Serbia

Mulai sejak berdiri sampai saat ini masjid ini masih tetap berperan seperti harusnya, walau tidak mempunyai suatu hal yang monumental serta bentuknyapun termasuk masjid simpel untuk ukuran masjid masjid megah di masa kejayaan Emperium Usmaniyah, tetapi masjid ini jadi demikian populer karna Mushaf Al-Qur’an kuno yang dipunyainya.

Masjid Hisardžik menaruh artefak histori yang begitu bernilai, yaitu satu mushaf Al-Qur’an tulisan tangan yang diprediksikan sudah berusia 400 th.. Satu mushaf Al-Qur’an dengan gaya yang tidak ada duanya serta begitu langka dandan tidak ternilai, baik untuk muslim setempat ataupun untuk Histori Serbia serta Semenanjung Balkan.

Nama Hizardzik untuk kampung tempat masjid ini berdiri datang dari bhs Turki yang bermakna Bendteng Kecil, mengacu pada benteng yang berdiri atas bukit diatas lokasi desa itu.

Pada awalnya, Mushaf Al-Qur’an ini di ketahui berusia 300 th. dari inskripsi yang tertulis di sana bertuliskan th. 1116 Hijriah atau bertepatan dengan th. 1706 Miladiyah. Tetapi lalu hasil riset dari Perpustakaan Nasional Beograd malah tunjukkan kalau Mushaf itu paling tidak telah berusia 400 th. serta peluang adalah mushaf tertua di lokasi Semenanjung Balkan, Harga Kubah Masjid Dari Grc .

Mushaf Al-Qur’an kuno ini ukurannya cukup besar, dengan berat menjangkau 4, 9 kg. ketika diketemukan keadaannya cukup memprihatinkan, bagian-bagian alami rusaknya serta halaman terahirnya sudah hilang. Dengan pertolongan beberapa professional naskah kuno dari Beograd, mushaf itu sudah dipulihkan keadaannya dari rusaknya, kemudian sepanjang 10 hari dipamerkan di Musium kota Prijepolje lantas kemudan dikembalikan ke tempat aslinya di Masjid Kampung Hisardžik.

Mengenai Hisardžik

Hisardžik yaitu satu desa di dekat kota Prijepolje, District Zlatibor, Republik Serbia. Menurut sensus 2011, ada 220 masyarakat di desa ini. Desa Hisardžik ada di sisa pinggir benteng Mileševac atau Hisardžik yang ada diatas bukit. Nama Hisardžik sendiri datang dari Bhs Turki ; “Hisar”, yang bermakna “Benteng”, serta “Dzik” bermakna “Kecil”. Benteng ini mulai dipakai di-abad XVII. Dijelaskan kalau Sultan Mehmed II dari Dinasti Usmaniyah (Turki) sempat bertandang ke Benteng ini pada 6 Mei 1468 dari sana beliau kirim surat pada walikota Dubrovnik untuk takluk dibawah kekuasaan-nya.

Hisardžik terkenal dengan kekayaan alamnya, budaya serta peninggalan sejarahnya. karna subunya ladang pertanian buah, desa ini di kenal jadi desa penghasil buah. Di desa Hisardžik hidup 223 masyarakat dewasa, serta umur rata-rata yaitu 39, 0 th. (39, 0 untuk pria serta 39, 1 untuk wanita). Desa ini mempunyai 81 rumah tangga, serta rata-rata jumlah anggota per rumah tangga 3 hingga empat warga. Desa ini terlebih ditempati oleh orang orang Bosnia (menurut sensus th. 2002), serta dalam tiga sensus paling akhir, tampak penurunan populasi, Harga Kubah Masjid Dari Grc .