Destinasi Wisata Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian empat pulau besar yang saling berdekatan.. Kepulauan Raja Ampat terletak di di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Keempat pulai ini jika dilihat secara administrasi berada di bawah Kabupaten Raja Ampat,Provinsi Papua Barat. Empat pulau ini terdiri dari Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Pulau Raja Ampat jika dalam bahasa Indonesia artinya empat raja. Dan nama dari empat pulau tersebut diambil dari nama 4 raja yang menurut masyarakat sekitar pernah memerintah dan menguasai daerah tersebut. kemudian nama dari keempat raja tersebut dijadikan sebagai nama pulau yang menghiasi kepulauan Raja Ampat .

Kepulauan Raja Ampat memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata,terutama wisata penyelaman. Perairan yang ada di Kepulauan Raja Ampat bisa dikatakan merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik sebagai tempat untuk diving site. Bahkan, untuk kelengkapan flora dan fauna di bawah air, Kepulauan ini bisa dikatakan sebagai perairan nomor satu yang masih menyimpan flora dan faunanya. Selai itu, perairan di Kepulauan Raja Ampat juga masih menyimpan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag.
Destinasi wisata Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata menyelam terbaik di Indonesia. Karena, di pulau ini kita bisa melihat sekitar 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan yang ada di seluruh dunia bisa ditemukan di pulau ini. Dan jumlahnya bisa 10 kali lipat dari jumlah jenis karang yang ditemukan di seluruh karibia. Di perairan ini, kita juga bisa menemukan ikan langka yang tidak bisa ditemukan di perairan manapun. Di perairan ini terdapat 5 spesies dari penyu laut langka, 13 spesies dari hewan mamalia laut dan 57 species dari udang mantis. Jadi bisa anda bayangkan betapa uniknya destinasi wisata ini. Kita bisa menikmati pesona pemandangan laut yang cantik. Kita bisa melihatnya baik dari bawah dan atas laut yang dapat menghipnotis kita semua.

Untuk menikmati keindahan Pulau Raja Ampat, kita bisa menjelajahipulau Raja Ampat dengan menggunakan perahu. Kita juga bisa melakukan permainan tradisional seperti permainan kayak. Kita bisa menyelam ke dalam laut dan menyaksikan sisa-sisa reruntuhan kapal. Di perairan ini kita juga bisa menikmati indahnya pulau-pulau karang di sekitar Pulau Wayag. Pulau ini sudah masuk ke dalam 5 pulau tempat snorkeling yang mendunia. Sehingga, ketika mengunjungi pulau Raja Ampat jangan lupa untuk menghabiskan waktu anda melakukan snorkeling.kita bisa melihat secara langsung burung cendrawasih yang khas dari Papua Barat. Trekking untuk melihat air terjun dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, ternyata di pulau ini kita bisa menyaksikan “Hantu Laut” yang merupakan fenomena alam yang sangat unik. Fenomena ini berada di bagian Timur Waigeo, Fenomena ini terbentuk oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa kita disaksikan diatas perahu . fenomena ini akan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 -18 menit. fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja. Jadi jelaskan betapa menariknya destinasi kepulauan Raja Ampat ini.