Cara Terapi Gagap Bicara

Cara Terapi Gagap Bicara

Terapi Gagap Bicara – Mengalami kesulitan dalam berbicara atau gagap terkadang dialami oleh beberapa anak. Bahkan dalam beberapa hal ini orang menganggap bahwa orang yang menderita kegagapan ini dianggap memiliki kemampuan otak yang lemah karena tidak bisa mengungkapkan kata-kata yang akan diucapkan. Hal ini dianggap karena orang yang mengalami kegagapan dalam bicara ini tidak bisa mengungkapkan dengan kata yang sesuai dengan apa yang akan diucapkan tersebut. Sehingga sebagian menganggap orang yang memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan kata-kata ini atau gagap memiliki IQ yang rendah.

Namun ternyata tuduhan akan hal tersebut selebihnya tidak sepenuhnya benar. Dalam keadaan yang dialami oleh orang yang mengalami kegagapan bicara ini biasanya ada beberapa factor yang menyebabkannya. Diantarnya adalah factor keturunan atau gangguan hormon. Selain itu gangguan ini bisa disebabkan pada kelainan lidah atau kelainan mulut.

Cara Terapi Gagap Bicara

Diantara untuk mengatasi dan menterapi Gagap Bicara yaitu ;

Memahami dan Mengetahui Penyebab Masalah BIcara Gagap

Langkah awal untuk mengetahui permasalah gagap bicara ini adalah mencari apa yang menyebabkan anda mengalami kegagapan itu. Misalnya keadaan anda yang terlalu khawatir, gelisah atau stress. Hal ini dapat bisa menyebabkan hal itu, tentu jika hal tersebut terjadi maka harus dilakukan upaya untuk mengatasi hal yang anda alami tersebut.

Mulai Membaca Bacaan Lebih Banyak

Beberapa penyebab kegagapan itu disebabkan karena tidak banyak memiliki kosa kata yang akan disampaikan. Hal ini tentunya bisa ditangani dengan melakukan upaya membaca lebih banyak buku-buku yang bisa menambah kosa kata yang akan dimiliki anda.

Biasakan Untuk Menyanyi

Nah diantara upaya lainnya adalah membiasakan diri anda untuk memulai bernyanyi setiap harinya. Dengan upaya ini tentunya akan membangkitkan rasa percaya diri anda dan juga membuat anda lebih fasih dalam melantunkan setiap kata.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk Terapi Gagap Bicara.

referensi artikel: http://patioplayhouse.org/healthy-life/4-ways-how-to-stop-stuttering/