Cara Mudah untuk Menentukan Harga Catering

cara menentukan harga catering

Bisnis catering merupakan sebuah bisnis yang paling populer, dimana digunakan untuk menyajikan berbagai pilihan makanan di beberapa acara seperti pernikahan, pesat ulang tahun, aqiqah, rapat kantor dan lain sebagainya. Awal untuk membuat bisnis catering di Jakarta merupakan bisnis yang menjanjikan, contohnya jual nasi box. Kesibukan orang Jakarta yang terlalu bernatung dengan orang  yag memiliki catering ketika ingin membuat suatu acara terutama jika pemilik usaha catering memberikan pelayanan yang sangat baik terutama dengan harga yang murah. Bisnis catering ini juga memberikan esensi yaitu bagaimana menggabungkan antara menyediakan makanan yang baik serta pelayanan yang efektif bagi para tamu.

cara menentukan harga catering

Nah, selain dengan menyiapkan makanan yang lezat, pengusaha catering harus memikirkan cara agar selalu memberikan pelayanan yang baik, tepat waktu dalam mengirimkan makanan. Bagi anda yang ingin membuat bisnis catering sebagai usaha sebaiknya anda menyusun menu dan memberikan harga untuk setiap makanan dalam menu tersebut, namun ada beberapa yanng harus dipertimbangkan. Sebelumnya kita juga harus mengetahui eberapa informasi tentang acara yang akan menggunakan jasa catering anda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membantu anda dalam menetukan harga catering dengan tepat.

  • Tempat acara (seberapa jauh tempat acara dari tempat Anda, cara mengirim makanan, dan memungkinnya untuk masak di acara).
  • Waktu dan durasi acara
  • Para tamu yang akan hadir
  • Tamu khusus (jika ada)

Cari tahulah Harga Catering

Setelah mendapatkan informasi diatas, selanjutnya Anda mencari harga catering dengan melihat beberapa harga catering sejenis yang tersedia di pasar. Anda juga boleh menelpon beberapa pengusaha catering lainnya, guna mencari informasi menu serta harga yang dimiliki oleh beberapa pesaing bisnis Anda. Sehingga dengan adanya informasi tersebut Anda bisa memainkan harga catering namun tidak berarti menjual dengan harga yang terlalu mahal ataupun murah.

Faktor – faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan Evaluasi Biaya

Jika Anda termasuk dalam orang pemula dalam dunia bisnsi, sebaiknya harus memperhatikan atau menghitung biaya secara keseluruhan sebelum memberikan harga pada catering Anda.  Setelah itu Anda dapat mengetahui modal atau titik balik modal, sehingga Anda dengan mudah menentukan berapa harga cateing yang tepat untuk menu-menu catering nantinya. Dari sini juga lah Anda bisa melakukan pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan biaya-biaya ayang akan dikeluarkan nantinya.