Cara Membuat Invoice Dengan Baik Dan Mudah

data costumer di bagian atas seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon

Cara Membuat Invoice-Berbisnis memang tak semudah seperti yang kita pikirkan karena dalam berbisnis membutuhkan perhitungan, analisa, pengelolaan dan keuletan, ini terubkti dari sekian banyak orang yang memiliki bisnis tak sedikit dari mereka yang mampu mengembangkan ataupun mempertahankan bisnis yang mereka miliki. Ada kalanya bisnis yang kita jalani mengalami progres yang meningkat atau menurun, oleh sebab itu kita perlu membuat bisnis yang kita geluti terus mengalami peningkatan atau setidaknya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Sadarkah kalian mengapa kebanyakan orang China sukses dalam menjalani bisnis yang mereka jalani? Salah satu hal yang membuat kebanyakan orang China sukses dalam berbisnis yaitu karena mereka sangat ulet, terampil dan jelih ketika melayani pelanggan ataupun dalam hal pembukuannya. Dalam pembukuan invoice atau yang lebih dikenal sebagai faktur sangatlah penting bagi seorang pebisnis.

Pengertian Invoice

Jika kita membeli sesuatu atau berbelanja di supermarket ternama biasanya kita akan mendapatkan struk bukti pembayaran yang menandakan telah terjadi transaksi antara pembeli dan pihak penjual bukti pembayaran inilah yang disebut invoice atau faktur. Jadi kesimpulannya invoice adalah rincian tagihan yang dikeluarkan pihak penjual kepada pihak penjual setelah mendapati kesepakatan. Invoice sendiri berisi berbagai rincian barang atau jasa yang telah dipesan oleh pihak pembeli yang dilengkapi dengan berbagai keterangan pendukung sekaligus harga yang telah ditentukan dan disepakati.

Cara Membuat Invoice Yang Baik Dan Benar

Cara membuat invoice sebenarnya tidaklah sulit selama anda memahami memasukkan rumus-rumus dalam Ms.Excel, berikut ini terdapat panduan cara mudah membuat invoice yang baik dan benar

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu 3 buah worksheet pada Excel, pada worksheet pertama kita buat data costumer di bagian atas seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon. Kemudian di bagian bawahnya disertai dengan rincian barang mulai dari nama barang, jumlah, total, potongan hingga total harga yang perlu dibayar oleh pembeli. Lihat seperti contoh gambar yang ada dibawah ini.
    data costumer di bagian atas seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon
    data costumer di bagian atas seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon

     

  2. Lanjut ke worksheet kedua, buatlah daftar costumer sekaligus beserta keterangannya seperti nama toko, nama costumer, alamat, no tlpn dsb. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh seperti dibawah ini.

    daftar costumer sekaligus beserta keterangannya
    daftar costumer sekaligus beserta keterangannya
  3. Sementara untuk worksheet yang ketiga buatlah daftar barang yang terdiri dari nama barang harga, diskon atau tambahan keterangnan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar seperti di bawah ini.
  4. Jika selesai kembali ke worksheet pertama dan gunakan fungsi combo box pada Excel untuk mengisi data costumer dan daftar barang. Combo box dapat dilakukan dengan cara blok sel yang ingin diisi dengan data lalu pilih tab DATA pilih Data Validation klik Setting, di kolom Allow pilih List kemudian pada kolom Source ketikkan sesuatu yang dibutuhkan dan terakhir klik Ok.

    gunakan fungsi combo box pada Excel untuk mengisi data costumer dan daftar barang
    gunakan fungsi combo box pada Excel untuk mengisi data costumer dan daftar barang
  5. Langkah selanjutnya cara membuat invoice yaitu memasukkan rumus pada kolom harga, masukkan rumus berikut pada setiap sel :
    =IF(ISNA(VLOOKUP
    (nama sel,Master_Harga,2,FALSE)),””,
    (nama sel,Master_Harga,2,FALSE))
    Note: kode “Master_Harga” di atas didapatkan dari worksheet ketiga tentang daftar barang. Untuk caranya blok tabel harga barang klik kanan lalu pilih define kemudian isikan “ Master_Harga ”

    memasukkan rumus pada kolom harga
    memasukkan rumus pada kolom harga
  6. Untuk kolom total dapat menggunakan fungsi Auto fill dan untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh seperti gambar di bawah ini

    gunakan fungsi Auto fill
    gunakan fungsi Auto fill
  7. Sementara untuk mengisi total harga yang perlu dibayarkan juga dapat menggunakan fungsi auto fill dan Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh seperti gambar di bawah ini

    mengisi total harga yang perlu dibayarkan
    mengisi total harga yang perlu dibayarkan