BUDIDAYA KAYU SENGON DENGAN SISTEM TUMPANG SARI DENGAN TALAS SATOIMO

BUDIDAYA KAYU SENGON DENGAN SISTEM TUMPANG SARI DENGAN TALAS SATOIMO

Hutan yang merupakan salah satu habitat kunci berlangsungnya mata rantai ekosistem di dalamnya sudah mendekati kehancuran yang cukup miris.Keanekaragaman hayati dan berbagai satwa liar yang di lindungi mengalami ancaman serius.Hal ini terjadi akibat penebangan massif yang berlangsung sejak lama.Baik dilakukan secara tradisional oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari ,yang berlangsung secara terusmenerus dari zaman dahulu maupun ulah nakal oknum yang melakukan pembalakan liar secara besarbesaran.Seiring dengan hal itu,persediaan kayu hutan semakin hari semakin berkurang jual bibit segon solomon.

Sehingga mengakibatkan kolapsnya industry pengolahan kayu karena tidak tersedianya bahan baku.Banyak upaya yang telah di lakukan oleh pemerintah untuk melakukan penghijauan.Namun hal itu jelas bukan solusi untuk mengatasi kebutuhan kayu yang semakin meningkat setiap saat.Seiring dengan perkembangan zaman,tuntutan akan kebutuhan kayu hingga saat ini masih akan terus meningkat.Untuk kemudian hari muncul industry alternative dengan melakukan pengolahan kayu hutan produksi.Masyarakat kemudian melakukan budidaya komoditas berbagai macam jenis kayu.Namun,untuk beberapa jenis kayu,masa panen terhitung cukup lama.Bahkan harus memakan waktu hingga puluhan tahun.

Hal ini jelas merupakan kendala tersendiri untuk memenuhi kebutuhan kayu yang mendesak.Untuk menjawab hal tersebut,Sengon merupakan salah satusolusi.Kayu jenis ini pertumbuhannya sangat cepat.Bahkan,diumur 3 tahun sebagian sudah dapat di tebang.Selain untuk melakukan penjarangan agar pertumbuhan sengon tetap terjaga dengan baik,penebangan tahap ini hasil sudah dapat dinikmati.

peluang dan potensi besar dari sengon tersebut memunculkan industry pengolahan kayu secara modern. Kenapa harus sengon?Ada beberapa factor penting yang menjadi dasar kenapa budidaya sengon cukup unggul dan dapat di jadikan pilihan jika di bandingkan dengan komoditas perkebunan lain. ANALISIS EKONOMI Sengon yang bagus untuk di budidaya adalah jenis sengon putih(Albazia Falcataria)atau sengon laut dengan ciriciri tidak bercabang sepanjang minimal 9 meter dan warna kulit batang putih. 1.Penggunaan dan manfaat kayu sengon.Pohon sengon(albazia Facataria),termasuk family Mimosaceae,keluarga petai petaian dapat di manfaatkan mulai dari daun hingga akarnya untuk beragam keperluan 2.Daun sengon merupakan pakan ternak yang sangat baik dan mengandung protein tinggi.

Jenis ternak seperti sapi,kerbau dan kambing sangat menyukai daun sengon. 3.Sistem perakaran sengon banyak mengandung nodul akar sebagai hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium.hal ini menguntungkan bagi akar dan sekitarnya.keberadaan nodul akan dapat membantu porositas tanah dan penyedian unsure nitrogen dalam tanah.Sehingga sengon dapat membuat tanah di sekitarnya menjadi lebih subur. 4.Saat ini sengon banyak di gunakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan berupa blocboard,tripleks,plywood/kayu lapis,veneer,bahan baku pembuat peti/pallet,papan penyekat,papan cor,industry korek api,pensil,papan partikel,bahan baku industry pulp kertas dll.

SITEM BUDIDAYA SENGON JUGA CUKUP PRAKTIS Untuk penanaman,bibit sengon siap di tanam tinggi minimal 25 cm dengan langkah langkah sebagai berikut: 1.Bersihkan lahan dari gulma/rumput 2.Buat lubang tanam sebesar polybag sesuai keinginan jarak tanam. 3.Tanam segera bibit sengon,lebih baik saat musim hujan. 4.Sebulan setelah ditanam,pupuk dengan NPK. PEMANENAN Pemanenan sengon bisa di mulai umur 3 tahun dengan penjarangan 1000 batang,tahun ke 4 penjarangan 1000 batang dan tahun ke 5 di tebang habis.Kubikasi hasil panen: A. Umur 3 tahun diameter 15-20 cm,4 pohon perkubik. B. Umur 4 tahun diameter 20-25 cm,3 pohon perkubik. C. Umur 5 tahun diameter >25 cm,2 pohon perkubik. PERBANDINGAN INVESTASI TANAMAN SAWIT 1 hektar tanaman sawit umur 0 s/d 5 tahun baru dapat menghasilkan 1 ton x Rp 1000 =Rp 1.000 000; TANAMAN KARET 1 hektar tanaman karet umur 0 s/d 5 tahun belum dapat menghasilkan getah.

TANAMAN SENGON 1 hektar tanaman sengon umur 0 s/d 5 tahun mampu menghasilkan 3.000 batang =Rp 450.000 000; TOTAL PENGHASILAN DALAM 5 TAHUN MENANAM KAYU SENGON (A+B+C)=450 000 000; Perbedaan besar akan terlihat dan di rasakan ketika berinvestasi pada tanaman sengon.Dalam area 1 hektar,tanaman tersebut mampu menghasikan 3.000 batang.Kayu jenis ini memang cepat sekali pertumbuhannya.Sehingga dari titik awal penanaman hingga umur 5 tahun untuk 1 batang sengon harga minimal Rp 200 000; KUBUKASI KAYU DAN HARGA SENGON >Tahun ke 3 penjarangan 1.000 batang=>dalam 1 batang di perkirakan mencapai ΒΌ kubik.Harga log kayu kurang dari 20 cm=Rp 200 000/kubik.Jadi dalam 1 batang sengon umur 3 tahun sudah mencapai Rp 50 000;/batang. >Tahun ke 4 penjarangan 1.000 batang=>dalam 1batang di perkirakan mancapai 1/3 kubik.Harga log kayu diameter diatas 20 cm=Rp.300 000;/kubik.jadi dalam 1 batang sengon umur 4 tahun sudah mencapai RP.100 000; /batang. >Tahun ke 5 tebang habis (panen puncak)=> dalam 1batang di perkirakan mancapai 1/2 kubik.

Harga log kayu diameter diatas 25 cm=Rp.600 000;/kubik.jadi dalam 1 batang sengon umur 5 tahun sudah mencapai RP.300 000; /batang. TALAS JEPANG (Satoimo) 1 Hektar dapat di tanam satoimo atau talas jepang sebanyak 24.000 ribu rumpun 1 Rumpun berpotansi menghasilkan 1 hingga 4 kilogram.Harga perkilo Rp.3000; Jika di hitung 1 kilo saja perumpun maka;3000 kilo gram x 24.000 rumpun=Rp.72.000 000; cukup 6 bulan.Sehingga dalam 5 tahun talas satoimo berpotensi mendapatkan Rp 72.000 000;x 10 masa panen Rp.720.000 000; Pendapatan selama 5 tahun,satoimo Rp 72.000 000; Dari asumsi lahan seluas 1 hektar selama 5 tahun diperkirakan total penghasilan Budidaya Sengon dengan system tumpang sari dengan Talas Satoimo,adalah; RP.1.170.000.000;