Acara TV Unik & Menarik Nigel Latta Blows Stuff Up

Adalah Nigel Latta Blows Stuff Up, sebuah serial TV sains asal New Zealand. Acara yang tayang sejak tahun 2015 ini, menampilkan serangkaian percobaan yang unik dan menarik. Sama seperti judulnya, serial program TV ini dipandu oleh Nigel Latta.

Dalam salah satu episode yang ditayangkan, Nigel Latta ingin mengulas trik dibalik ledakan yang seringkali muncul dalam adegan film action. Seperti yang kita ketahui, ledakan dalam film action menimbulkan kesan yang begitu nyata, dimana sang tokoh pahlawan yang berdiri sangat dekat dengan sumber ledakan. Melalui serangkaian eksperimen yang dibimbing oleh ahlinya, acara ini dapat mengungkapkannya secara ilmiah. Nigel juga melakukan perbandingan jika menggunakan bahan peledak sungguhan. Untuk membahasnya, Nigel melakukan serangkaian eksperimen awal mengenai beberapa bahan peledak. Dimulai dengan bom nitrogen cair, mesiu bubuk, hingga pembuatan kembang api dengan warna yang berbeda – beda. Serangkaian eksperimen ini menuntun penonton mulai dari teori yang mendasar untuk memahami penjelasan ilmiah mengenai bahan peledak dan sifatnya.

Kemudian, setelah eksperimen – eksperimen kecil dilakukan, Nigel Latta dan timnya membangun sebuah set rumah kecil untuk menjadi pusat ledakan. Mereka menyiapkan zat kimia yang dipakai untuk membuat ledakan di dalam film, dan menguburnya di dalam tanah di belakang properti rumah. Sebelum percobaan dilakukan, mereka meletakan tiruan Nigel berbahan papan sangat dekat sumber ledakan. Saat ledakan terjadi, dengan posisi yang cukut dekat dengan sumber ledakan, Nigel berjalan menjauhi sumber ledakan dengan slow motion layaknya karakter pahlawan dalam film. Ledakan yang dihasilkan hanya merusak sedikit set rumah, namun memiliki visual yang tampak menyala dan berbahaya. Efek visual ini muncul karena adanya penambahan zat zirkonium, yang membuat ledakan berwarna merah dan “hidup”. Setelah itu, Nigel dan timnya kembali menyiapkan set rumah untuk percobaan dengan ledakan sebenarnya. Bahan kimia yang digunakan merupakan bahan dengan daya ledak tinggi. Seperti sebelumnya, tiruan Nigel diletakan pada beberapa posisi dekat sumber ledakan. Saat peledak tersebut meledak, hasil ledakan yang terjadi benar – benar bersifat menghancurkan. Serpihan set rumah yang hancur, terlempar hingga mencapai 20 meter. Beberapa serpihan ini mengenai tiruan Nigel, dan merusaknya. Melalui program TV ini, penonton akan mendapatkan sejumlah fakta unik dan menarik serta penjelasan ilmiah yang mendukungnya. Saat ini, acara Nigel Latta Blows Stuff Up sedang tayang di stasiun TV nasional, Metro TV setiap minggu malam.

Sumber : http://www.ningaltv.com/