5 Tanda Haid Tidak Normal

5 Tanda Haid Tidak Normal

phrygians.com – Haid atau disebut juga menstulasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh setiap wanita, dimana keluarnya cairan berwarna merah(darah) yang berasal dari lubang kemaluan secara alami bukan karena sakit, keguguran atau melahirkan. Haid bisanya dialami oleh seorang wanita pada saat menginjak masa puber. Sesorang yang akan mengalami masa haid maka akan terjadi berubahan secara hormonal, salah satunya lebih sensitif.

5 Tanda Haid Tidak Normal
5 Tanda Haid Tidak Normal

Haid merupakan siklus normal yang dialami setiap wanita, tapi hal ini akan memuat anda cemas apabila haid disertai dengan tanda-tanda tidak biasa. Tentu saja, hal ini akan membuat anda cemas dan was-was. Untuk mengetahui tanda atau gejala haid yang normal sebaiknya anda melakukan konsultasi langsung pada dokter. Tapi sebelum melakukan konsultasi, anda juga dapat mengecek sendiri dengan mengetahui gejala atau tanda berikut ini. Yuk, kenali apa saja tanda haid tidak normal.

5 Tanda Haid Tidak Normal

Timbul Rasa Nyeri

Rasa nyeri yang dialami menjelang atau ketika haid termasuk hal yang normal. Akan tetapi, apabila rasa nyeri tersebut sangat parah sampai sulit untuk bangun. Sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter. Rasa nyeri yang parah ini kemungkinan indikator anda mengalami endometriosis.

Siklus Haid Telat

Seseorang mengungkapkan, jika seorang wanita mengalami telat haid sampai 3 siklus / lebih dari 90 hari (3 bulan) maka gejal ini tidak normal. Tapi hal ini berbeda, jika dialami oleh wanita yang baru melahirkan, ibu menyusui atau menjelang menopause. Kemungkinan penyebab telatnya siklus haid tersebut di sebabkan karena beberapa faktor seperti penggunaan alat kontasepsi atau sedang diet.

Haid Lebih dari 1 Minggu

haid secara normal biasnya berlangsung selama 5 – 6 hari, tapi jika haid keluar lebih dari seminggu maka anda harus melakukan check up.

Keluar Darah di antara Siklus Haid

Jika seorang wanita keluar darah diantara siklus haid, kemungkinan penyebabnya sangat beragam dan bisa berkait dengan sistem reproduktif. Sangat penting untuk mengetahui atau menandai siklus bulanan, hal ini bertujuan untuk mengetahui normal tidaknya darah yang keluar dari alat reproduksi.

Sulit / Sakit saat Buang Air Kecil

Jika mengalami sulit atau sakit pada saat akan buang air kecil, maka hal ini merupakan salah satu gejala kanker rahim. Karena kanker rahim membuat rahim menjadi bengkak dan menekan kandung kemih, sehingga hal ini menyebabkan timbulnya rasa sakit dan sulit ketika ingin buang air kecil.

Itulah, 5 Tanda Haid Tidak Normal. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya, jangan lupa bantu share yaaaa !!!!

Sumber